Cara Mengatasi Upload Foto Gagal Saat Daftar Kartu Prakerja


Belum lama ini pemerintah kita telah memberi kesempatan untuk mengikuti program kartu prakerja. Secara umum kartu prakerja ini dapat membantu pencari kerja, pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi dan para pekerja yang ter-PHK.

Tentu langkah pemerintah kali ini sangat bagus dan menguntungkan masyarakat. Semoga program ini dapat menjangkau sampai keseluruh daerah Indonesia. Untuk mendaftar untuk sementara ini menggunakan smartphone sudah bisa dilakukan.

Pendaftaran gelombang pertama dimulai 11 april dan berakhir tanggal 16 april, tentu bagi yang belum terdaftar bisa mengikuti gelombang kedua. Tapi sob, pada awal pendaftaran kartu prakerja ini ternyata ada permasalahan loh dalam pendaftaran.

Permasalahan Pendaftaran Kartu Prakerja

  1. Tidak bisa login
  2. Email tidak terdaftar
  3. Tidak bisa upload foto atau gambar Identitas dan foto selfie (swafoto)
Cara Mengatasi

Solusi Pertama, Tentu setelah sobat mendaftar dan melakukan verifikasi email. Maka data telah terekam dalam database jadi sobat harus tenang dulu ya jika tidak bisa login. Karena saya sempat mengalami juga, kemungkinan website terlalu banyak yang akses sehingga terjadi hal demikian.

Jika terjadi tidak bisa login padahal pernah sukses login, maka kita tunggu sebentar agar website akan berkurang dari pengaksesnya. 

Solusi Kedua, Saat mengalami tidak bisa login saya mencoba untuk melakukan reset password dan memasukan email yang sudah saya daftarkan sebelumnya. Ternyata dapat notifikasi bahwa email tidak terdaftar.

Untuk mengatasi hal ini, solusi sama seperti poin solusi pertama kita hanya perlu tunda sementara dan lanjutkan beberapa saat kemudian. Paling ga beri jeda saja dan hapus cache pada browser juga saya lakukan.

Solusi Ketiga, Mengatasi gagal uploat foro identitas dan foto selfie. Saya sendiri juga mengalami hal ini sob tapi saya akhirnya berhasil masuk ke gelombang pertama. Dan saya akan bagikan cara yang saya lakukan agar bisa mendaftar program prakerja.
  1. Berikan foto terbaru (foto yang baru saja sobat ambil) Saya menggunakan foto lama tidak berhasil dan menggunakan foto baru berhasil.
  2. Ambil foto identitas dan foto selfie sejelas mungkin. Bisa pinjam Hp/kamera teman yang lebih bagus saya sarankan.
  3. Usahakan ukuran foto dibawah 5MB. Ukuran maksimal 5MB ini saya dapatkan saat pendaftaran saya dan sukses. Tapi saya baca-baca katanya harus dibawah 2MB untuk masa sekarang, tapi silahkan sobat coba jepret foto terus upload.
Saran saya untuk mulai mendaftar dari tengah malam antara jam 12.30 hingga Subuh, karena kemungkinan orang sudah istirahat sehingga untuk pengakses situsnya pun berkurang.

NB: Jika dibutuhkan untuk mengecilkan ukuran gambar/foto bisa mengakalinya dengan mengirimkan file foto melalui WA/whatsapp sehingga nanti akan ter-compress otomatis ketika gambar berhasil dikirim.

Caranya: Jika belum menemukan file foto dari kiriman kita, maka tinggal kita kirim ulang dari akun penerima ke akun wa kita. Kemudian cek pada galeri folder whatsapp images.

Seperti halnya saat ada pendaftara cpns situsnya kadang tidak bisa dibuka dan sama halnya situs prakerja ini. Jika overload maka ada saja yang error, saudara saya sampai tidak bisa memilih file foto lebih tepatnya tombol pilih file ktp tidak bisa digunakan atau tidak merespon.

Sekian, jika ada yang perlu ditanyakan silahkan tinggalkan dikolom komentar ya sob. Terima kasih



0 Response to "Cara Mengatasi Upload Foto Gagal Saat Daftar Kartu Prakerja"

Post a Comment

Silahkan berkomentar Sob tapi untuk beberapa komentar yang tidak sesuai seperti link aktif dan hal-hal yang tidak baik tidak akan ditampilkan !. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel