Cara Menghemat Listrik Saat Menggunakan AC Ruangan


Halo sobat gapunyakode, kali ini saya akan menulis tentang pengalaman pertama memiliki ac sob. Karena saya baru saja memakai ac maka hal pertama yang ada dipikiran saya adalah bagaimana cara menggunakan ac dengan cara yang se-efisien mungkin. 

Karena saya juga tidak mau ac cepat rusak ataupun tagihan yang melonjak tajam sob. Sorry ya sob kalo out of topic, Ok lanjut

Sobat gapunyakode pasti sudah tau bahwa menggunakan perlengkapan ruangan khususnya ac akan mengakibatkan membengkaknya tagihan listrik pada bulan-bulan berikutnya. 

Tagihan listrik ini akan memberikan tambahan yang cukup mencolok, tapi yang pasti akan seimbang dengan apa yang akan kita dapatkan dan ada banyak manfaat yang kita dapatkan dengan memasang ac.

Manfaat yang sudah jelas nyata, pastinya ruangan sobat akan lebih sejuk kan hehe. Selain itu suhu ruangan akan tetap terjaga dan bersih karena ac model sekarang sudah memberikan spesifikasi yang mumupuni.

Seperti mengatasi jamur dan hal-hal yang berbaya di ruangan, serta penggunaan freon terbaru sehingga ramah lingkungan dan tidak merusak lapisan ozon.

Penggunaan ac ruangan terkenal dengan penggunaan daya yang besar, sehingga bagi sobat gapunyakode untuk era saat ini tidak perlu ragu lagi lho karena ada beberapa pilihan jenis ac ruangan yang cocok untuk digunakan dan hemat.

AC ruangan yang saya gunakan memakan daya 350 watt, untuk ukuran ini ac yang saya gunakan termasuk kedalam kategori versi hemat dengan model 1/2pk. Selanjutnya, untuk menggunakan ac dengan efisien, mari kita bahas sob.

Cara Menghemat Listrik Saat Menggunakan AC Ruangan

  • Pilihlah jenis ac yang memakan sedikit daya
  • Sesuaikan luas ruangan dengan model ac ( saya menggunakan ac 0.5pk dan luas ruangan saya sekitar 3X4 meter. Dengan pengaturan suhu 28-30 sudah terasa dingin ) TESTED. Karena jika ruangan yang luas tentu harus menggunakan ac model 3/4 pk atau lebih, agar ac tidak bekerja terus menerus untuk mendinginkan ruangan.
  • Selanjutnya, pengaturan mode agar lebih efisien saya menggunakan model dry, mengganti mode dry dengan cara menekan tombol mode pada remote. Mode dry akan membuat suhu ruangan stabil dan kompresor tidak bekerja terus menerus, sehingga tidak memakan listrik yang banyak
  • Setelah mengganti mode ke dry, selanjutnya atur batas suhu. Saya mengatur suhu antara 28-30, batas 28 saja terkadang sudah membuat kaki saya kram karena efek dinginnya. Hindari mengatur batas suhu 16, atau dibawah 20 karena mesin akan berusaha untuk mencapai batas tersebut sebelum mesin mati.
  • Tutup beberapa lubang ruangan yang berpotensi masuknya udara dari luar saat ac sedang berjalan.
Dengan pengaturan tersebut tagihan listrik saya hanya naik sekitar 50-70 ribu dengan waktu penggunaan sekitar 18-20 jam dalam sehari. 

Menurut saya kenaikan ini tidak begitu mencolok dan sebanding dengan manfaat yang saya dapatkan setiap harinya. 

Demikian sedikit informasi dan berbagi pengalaman semoga bermanfaat. Dan jika ada yang kurang atau salah mohon sarannya terima kasih

0 Response to "Cara Menghemat Listrik Saat Menggunakan AC Ruangan"

Post a Comment

Silahkan berkomentar Sob tapi untuk beberapa komentar yang tidak sesuai seperti link aktif dan hal-hal yang tidak baik tidak akan ditampilkan !. Terima kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel